Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi GPS Signal Not Found Saat Main Pokemon GO (Android dan iOS)

Cara Mengatasi GPS Signal Not Found Saat Main Pokemon GO (Android dan iOS) – Sobat Idrisbrowsingan, apa kabar hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan baik-baik saja serta dalam lindungan Allah SWT. Amiin Ya Allah. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai suatu masalah yang sering terjadi saat sedang asyik bermain game Pokemon GO. Yah, mungkin sobat semua juga pernah nemuin masalah “GPS Signal Not Found atau GPS Fail To Detected Location padahal lokasi sudah benar menurut kita. Maklum sajalah, karena game android Pokemon GO ini merupakan game baru berbasis teknologi Augmented Reality sehingga membutuhkan sinyal lokasi (GPS) dan koneksi internet.

GPS Signal Not Found

Memang masalah GPS Error ini sering dialami oleh para pemain game Pokemon GO. Akibatnya tentu akan menghambat saat memainkan Pokemon GO, sulit mendapatkan Pokemon, menaikan level dan menemukan PokeStop maupun Gym. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah GPS Signal Not Found tersebut? Ikutin pembahasan lebih lanjut dalam artikel tentang game Pokemon GO berikut ini.

Cara mengatasi masalah GPS Signal Not Found Untuk  iOS, antara lain :
Masalah GPS Signal Not Found atau GPS error saat main Pokemon GO pada iOS dapat diatasi dengan mengecek pengaturan lokasi Pokemon GO apakah sudah aktif atau belum. Caranya mudah saja, silakan masuk menu : Settings--> Pokemon GO--> Location--> centang While Using The App.

Cara mengatasi gps signal not found

Nah, setelah melakukan pengaturan diatas namun masih mengalami masalah yang sama, sebaiknya reset pengaturan jaringannya. Caranya mudah saja : masuk menu Settings--> General --> Reset Network Settings. Perlu kita ketahui bahwa Reset Network Settings ini hanya untuk menghilangkan data password Wi-Fi yang pernah kita gunakan dan tidak akan menghapus file apapun pada iPhone tersebut.

Cara Mengatasi Masalah GPS error ketika main Pokemon GO pada Android smartphone, antara lain :
  • Memperkuat Akurasi GPS pada Smartphone Android. 
Langkah awal untuk menyelesaikan masalah GPS error atau failed detected pada Pokémon GO adalah memperkuat akurasi GPS. Penasaran cara memperkuat Akurasi GPS? Beginilah langkah-langkah dalam memperkuat akurasi GPS untuk bermain Pokémon GO :

High Accuracy Pokemon GO
  1. Pada hp android kita, masuk menu Setting kemudian pilih Location.
  2. Selanjutnya, aktifkan fitur GPS dan pilih mode High Accuracy.
  3. Perlu kita ketahui bahwa mode High Accuracy ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi GPS dengan memanfaatkan jaringan seluler, koneksi sinyal Wi-Fi maupun GPS pada smartphone android kita.
  4. Semoga dengan cara pertama ini bisa menyelesaikan masalah mengenai GPS dengan baik.
  • Disabled Mock Location (Matikan Lokasi Palsu). 
Android smartphone kini memiliki fitur canggih yang bisa memalsukan lokasi saat ini yang dinamakan Mock Location atau biasa disebut lokasi palsu. Jika fitur canggih Mock Location ini aktif, kita tidak akan bisa memainkan Pokemon GO bahkan menangkap Pokemon. Selain itu, kalau Mock Location pada hp android kita statusnya aktif sudah pasti akan mengalami GPS failed to detected location saat memainkan Pokemon GO.Untuk memainkan Pokemon GO, kita harus mengembalikan Mock Location menjadi status normal (Nothing), caranya yaitu :

Mock Location
Pada Android smartphone, buka menu Developer Option. Untuk memunculkan Developer Option ini, kita tekan Build Number sebanyak 7 kali.
  1. Bagi pengguna Marshmallow dan diatasnya, silakan langsung menuju : Pilih Mock Location App ==> Nothing.
  2. Sedangkan pengguna dibawah Marshmallow, pengaturannya begini : Allow Mock Location==> Off
  • Download Peta Google Maps Offline. 
Memang game Pokemon GO ini berbasis game peta. Makanya tidak bisa lepas dengan peta. Agar loading peta berjalan lancar dan tidak muncul GPS error atau GPS Signal Not Found pada Android sebaiknya kita download peta versi offline nya atau Google Maps Offline. O iyah, cara ini bisa juga loh diaplikasikan pada iOS. Caranya mudah saja, silakan langsung menuju pada artikel Cara download Google Maps Ofline.
  • Gunakan Aplikasi GPS Status dan Toolbox.
Yups, Aplikasi terbaru ini dirancang untuk memperbarui titik koordinat lokasi kita berada sehingga masalah GPS Signal Not Found atau GPS error lainnya tidak akan muncul lagi. Lakukan reset pembaruan lokasi kita berada kapan saja dan sesering yang kita mau guna mengembalikan titi koordinat posisi yang sebenarnya. Untuk itu, kita download aja dan gunakan aplikasi GPS Status & Toolbox ini semaksimal mungkin.Caranya mudah saja kok :
  1. Download Aplikasi GPS Status dan Toolbox di Playstore.
  2. Buka aplikasinya, Nanti akan muncul GPS STATUS EULA. Kemudian klik Accept dan klik lagi MENU.
  3. Selanjutnya klik Manage A GPS STATE dan pilih RESET.
  4. Dengan klik RESET, maka otomatis aplikasi ini akan melakukan pembaruan atau pemetaan ulang lokasi kita berada dan bisa memainkan Pokemon GO dengan baik.
  • Membersihkan Sejarah Lokasi (Clear Location History).
Kita sudah menerapkan beberapa cara diatas, namun mungkin saja masalah GPS Signal Not Found atau GPS Error lainnya masih saja muncul ketikan memainkan game Pokemon GO. Marilah kita gunakan cara lain lagi dengan membersihkan sejarah lokasi atau Clear Location History.

Caranya mudah saja :
  1. Bukalah Menu=>Setting=>Location, Kemudian pilih Clear Location History.
  2. Selanjutnya pilih Delete Location History. 
  • Menyalakan Wi-Fi.
Cara lain lagi yang bisa kita coba untuk mengatasi masalah GPS Signal Not Found yaitu dengan menyalakan Wi-Fi. Ketika Wi-Fi dinyalakan, maka hp android kita akan melakukan pencarian dan menyambungkan fasilitas Hotspot atau Wi-Fi terdekat yang ada jika sudah pernah tersambung sebelumnya. Lokasi kita berada akan cepat terdeteksi dengan tersambungnya wifi atau hotspot.
  • Menyalakan Bluetooth.
Perlu kita ketahui bahwa pada Android OS Marshmallow terdapat sebuah fitur baru yang bisa memperkuat lokasi dimana kita berada dengan menyalakan bluetooth. Untuk mengaktifkan fitur ini mudah saja : Silakan masuk Menu Bluetooth=>Scanning Setting=>Aktifkan Bluetooth Scanning.

Baca Juga : Cara Ampuh Mendapatkan Poke Coins Pokemon GO Terbaru

Demikianlah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah GPS Error seperti GPS signal not detected, GPS failed to detect location maupun masalah GPS lainnya pada Android dan iOS saat main game Pokemon GO. Semoga artikel idrisbrowsingan tentang game Pokemon GO ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Jika berkenan, silakan share atau bagikan artikel idrisbrowsingan ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Post a Comment for "Cara Mengatasi GPS Signal Not Found Saat Main Pokemon GO (Android dan iOS)"