Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tool Terbaru

Cara mendaftarkan blog ke google webmaster tool, tujuan utamanya adalah agar artikel dalam blog tersebut lebih cepat terindeks oleh google dan search engine/alat pencarian yang lain. Google webmaster tool sendiri merupakan tool atau alat yang disediakan oleh google untuk membantu blogger/webmaster agar situsnya lebih mudah dikenali oleh mesin pencari/google search engine. Pada dasarnya meskipun tidak didaftarkan, artikel tersebut akan terindeks dengan sendirinya tapi dalam waktu yang lama. Dalam dunia internet ada beberapa alat search engine atau alat pencarian yg populer antara lain Google dan Bing sarch engine. Kali ini kita akan membahas tentang cara mendaftarkan sebuah blog ke google webmaster terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan submit sitemap atau peta situs ke google webmaster.

Submit sitemap blog ke google webmaster tool ini merupakan faktor pendukung dalam mempercepat terindeksnya artikel dalam blog kita. Kedua proses tersebut saling berkaitan dan memiliki tujuan yang sama dalam membangun sebuah blog yang bagus dan layak dikunjungi banyak orang. Semakin cepat artikel terindeks oleh google, maka akan semakin bagus pula blog kita. Blog tersebut akan mempunyai peluang besar untuk menempati posisi halaman pertama mesin pencarian google (Google Search Engine). Semua pemilik blog pasti menginginkan blognya bisa tampil dihalaman pertama google dan efeknya blog kita akan kebanjiran trafik/pengunjung. Oleh karena itu betapa pentingnya untuk mendaftarkan blog dan submit sitemp ke google webmaster tool.

Cara mendaftarkan blog/situs ke Google Webmaster Tool, antara lain :
1. Login akun gmail terlebih dahulu, kemudian kunjungi Google Webmaster Tool. kemudian pilih atau klik "masuk search console", seperti gambar dibawah ini.
Google Webmaster Tool
Google Webmaster Tool
 2. Kita akan dibawa ke dasboard google webmster tool. Ikuti langkahnya dengan klik tambahkan properti/tambahkan situs, seperti gambar dibawah ini.
submit blog ke google webmaster
submit blog ke google webmaster
 3. Selanjutnya akan muncul pop up, masukan url link blog atau situs yang akan kita daftarkan. Kemudian klik "Terus". Lihat gambar dibawah ini.
submit blogspot url link
submit blogspot url link
4. Selesai sudah cara mendaftarkan blog atau situs ke google webmaster tool. Agar artikel kita lebih cepat terindeks mesin pencari google, sebaiknya dilanjutkan dengan submit peta situs atau sitemap blog ke google webmaster. Klik saja link blog/situs pada dasboard google webmaster, ikutilah langkahnya seperti gambar dibawah ini :
Dasboard Google Webmaster
Dasboard Google Webmaster
5. Masuk ke submenu dasboard google webmaster tool : Perayapan--Peta Situs. Klik Tambahkan Peta Situs, seperti gambar dibawah ini.
submit sitemap blog
submit sitemap blog
 6. Masukan sitemap atau peta situs blog ke dalam kolom berikut dengan cara ketik sitemap.xml (no1) dibelakang link url blog dilanjutkan dengan klik mengirim peta situs (no 2) . Ikutilah langkahnya seperti gambar dibawah ini.
Masukan Peta Situs Ke Google Webmaster
Masukan Peta Situs Ke Google Webmaster
7. Klik Segarkan Halaman Google webmaster. Akhirnya selesai juga submit sitemap blog ke google webmaster tool.


Demikianlah langkah langkah cara mendaftarkan blog dan submit sitemap/peta situs ke google webmaster tool terbaru. Semoga artikel tentang blogging ini bermanfaat untuk teman teman semuanya. Sekiranya artikel ini bermanfaat, Silahkan share atau bagikan kepada teman yang lain melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Post a Comment for "Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tool Terbaru"