BELAJAR BLOGGER DAN BERBAGI PENGALAMAN

IDRIS BROWSINGAN ~ BELAJAR BLOGGER

Tuesday, 25 July 2017

Berapakah Jumlah Link Dalam Satu Halaman Blog

Berapakah Jumlah Link Dalam Satu Halaman Blog – Salah satu pertanyaan bagi blogger pemula tentang sesuatu yang berhubungan dengan SEO blog, yaitu berapa jumlah maksimal link yang boleh dipasang pada satu halaman blog? Ngomong-ngomong belajar SEO dalam sebuah blog memang gampang-gampang susah apalagi bagi yang masih awam tentang blogger (blogger pemula). Mungkin udah banyak yah blog atau website yang ngebahas tentang berapa banyak link dalam setiap halaman blog, namun tak ada salahnya jika kita bahas juga disini yah.

Untuk menentukan banyaknya link pada halaman blog pasti akan berbeda-beda tergantung dari jenis blog tersebut, contoh saja : Blog atau website portal berita akan terlihat wajar meskipun memasang 200 - 300an link dalam sebuah halaman blog/website itu sendiri. Akan tetapi, bagi blog/website tentang tips membuat membuat blog, tips membuat memancing ikan misalnya memasang 30 – 50 link di halaman blog masih terbilang normal ajah. Hmm, lalu apa sih patokan utama untuk menentukan berapa banyak link di halaman website sobat semuanya? Simak artikel menarik tips memasang link pada halaman blog/website ini sampai tuntas.

Link internal halaman blog

Menurut saya pribadi, kita tidak usah pusing atau terlalu memikirkan berapa jumlah link pada halaman blog atau website kita. Ambil gampang dan simplenya saja yah sob, dalam menentukan banyaknya link di halaman blog ini. Intinya gini ajalah, “pasanglah link pada halaman blog tersebut seperlunya saja dan seminimal mungkin”. Masih bingung yah sob, seperlunya memasang link pada halaman tersebut seperti apa?

Ada beberapa pertimbangan yang bisa kita jadikan patokan dalam memasang link di halaman blog/website, antara lain :
  • Link Sitewide
Link Sitewide atau lebih jelasnya link yang tampil pada setiap halaman website/blog, misalnya : link pada menu header atau link pada sidebar dan footer.

Bagaimana menaruh link pada Header? Sebaiknya link yang ditampilkan pada header adalah link halaman penting dari blog/website sobat misalnya link menuju halaman yang sering dicari atau trafiknya paling tinggi. Hindarilah adanya link eksternal pada header karena akan mempersulit dalam mengumpulkan poin. Pasanglah 10 link saja sudah cukup pada header ini.

Bagaimana link pada Sidebar? Nah, kalau pada sidebar blog atau website utamakan link untuk memastikan bot google merayapi semua artikel. Dengan demikian, artikel blog sobat akan lebih cepat terindeks Google. Kita bisa memasang link label, arsip sebuah blog, artikel terlaris dan artikel terbaru dari website atau blog kita.

Baca Juga : Bagaimanakah Tips Agar Blog Cepat Terindex Google


Bagaimana link pada Footer? Pada bagian footer, sobat bisa memasang beberapa link tentang kita misalnya : link author, tentang kami, hubungi kami dan disclaimer atau sobat bisa juga memasang link halaman social media.
  • Link pada artikel 
Dalam membahas link pada artikel maka perlu kita ketahui apakah artikel yang akan kita pasang link tersebut termasuk dalam artikel utama atau penunjang artikel utama. Jika artikel utama, kita bisa memasang beberapa link menuju artikel penunjang, terlebih dahulu pastikan adanya link artikel utama pada artikel penunjang tersebut. Bilamana yang kita buat termasuk artikel penunjang, maka kita bisa memasang link menuju artikel utama sedangkan artikel utama tidak wajib memasang link menuju artikel penunjang tadi. Sobat juga bisa menampilkan link artikel utama secara sitewide sedangkan artikel penunjang alangkah baiknya hindari tampilan sitewide.
  • Cek posisi yang pas untuk memasang link
Untuk meletakan link internal memang memerlukan relevansi dalam artikel tersebut. Maksudnya begini, sebaiknya memasang link pada posisi yang tepat berada diantara paragraf yang membahas hal-hal senada dengan halaman yang dituju. Jika memang sobat ingin menambahkan eksternal link, carilah ekternal link yang memang relevan dengan isi artikel blog. Kita bisa melakukan search Google menggunakan kata kunci yang dipergunakan sebagai anchor text maka akan terlihat mana saja website yang relevan dengan artikel yang kita buat. Pasang 2 eksternal link saja udah cukup kok sob!

Link yang tepat dan sesuai niche artikel/blog akan membuat blog kita lebih memiliki peluang disukai Google. Tau sendiri kan, blog yang udah disukai Google akan mudah diterima jika didaftarkan pada Google Adsene untuk menambah penghasilan sobat semuanya. Karena memang saat ini banyak sobat blogger yang bersemangat dalam membuat blog dan update posting artikel menarik hampir setiap harinya guna mengumpulkan pundi-pundi dollar melalui kerjasama Google Adsense.

Baca Juga : Bagi Pecinta Blog, Ada 5 Tips Blog Disukai Google
                     Tips Agar Blog Diterima Google Adsense Terbaru


Itulah beberapa informasi mengenai berapa banyak link dalam satu halaman blog/website yang masih wajar. Semoga artikel tips blogging ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Jika berkenan, silakan share artikel tentang berapa jumlah link pada halaman blog ini melalui social media atau blog dengan menyertakan link artikel dalam blog ini.
Berapakah Jumlah Link Dalam Satu Halaman Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: puput putri
Previous
Next Post »

BERI PENDAPAT ANDA